Tips Membeli Rumah Subsidi Agar Tidak Salah Pilih

Diposting pada 04 March 2020
Prime360
Rumahsederhana.id, Tangerang – Memiliki rumah sendiri tentu saja merupakan impian hampir setiap orang, karena setiap orang dan setiap keluarga pasti ingin memiliki tempat berteduh miliknya sendiri, ketimbang harus berpindah-pindah atau nebeng rumah orang lain.

Rumah saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang cukup sulit dipenuhi. Salah satu penyebabnya adalah harga yang mahal dan terus naik. Sekarang ini, sudah muncul rumah subsidi yang menjadi solusi bagi masyarakat menengah ke bawah untuk memiliki hunian. Walaupun dijual dengan harga yang murah, urusan kualitas tentu menjadi hal yang utama ketika membeli rumah subsidi.

Bagi Anda yang saat ini berencana untuk membeli rumah subsidi, berikut ini adalah tips membeli rumah subsidi agar Anda tidak salah memilih.

Jangan tertipu brosur
Ada baiknya Anda langsung mengunjungi lokasi rumah subsidi tersebut. Periksa dengan seksama apakah rumah yang dimaksud benar-benar nyaman untuk ditinggali. Seperti akses jalan yang baik, atau kondisi fisik rumah yang memang benar-benar kokoh.

Cari rumah yang tidak jauh dari tempat kerja
Sebaiknya jangan memilih rumah yang jauh dari tempat kerja, karena hal tersebut akan membuat Anda stress. Selain itu, lokasi rumah yang jauh juga akan membuat Anda boros dalam mengeluarkan biaya transportasi.

Akses menuju lokasi
Pilihlah rumah yang memiliki aksesibilitas yang baik, artinya rumah tersebut memiliki lokasi yang strategis, serta dapat dilalui oleh transportasi umum. Selain itu, pilihlah rumah yang kondisi jalan tidak berlubang dan tidak rawan longsor.

Periksa kondisi air
Saat selesai dibangun, biasanya rumah subsidi tidak langsung dipasang jaringan listrik ataupun air, untuk itu pastikan kepada pihak pengembang agar segera memasangkan aliran air dan listrik, jangan sampai setelah ditinggali Anda akan bingung untuk mencari air.

Periksa pembuangan
Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah urusan sanitasi, pastikan septic tank dibuat dengan ukuran yang selayaknya yakni minimal 1,5 meter kebangunan. Sementara jarak dari septic tank ke sumur pompa air bersih minimal 10 meter.(EC)